RSS

Perekonomian Global

01 Jul

 Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan ( Economic Cooperation and Development/OECD) memperkirakan ekonomi global akan tumbuh menguat secara bertahap dalam dua tahun mendatang, tetapi dengan kecepatan berbeda di setiap negara.

Dalam proyeksi ekonomi yang dirilis Rabu (29/5/2013) organisasi itu menyatakan bahwa Amerika Serikat kemungkinan akan tumbuh lebih cepat daripada negara-negara anggota OECD lainnya, dengan proyeksi pertumbuhan 1,9 persen pada 2013 dan 2,8 persen pada 2014.

Di sisi lain, OECD juga mengemukakan bahwa pertumbuhan ekonomi di Jepang cenderung berfluktuasi. Pada tahun 2013, pertumbuhan ekonomi negara Matahari Terbit ini diperkirakan akan meningkat sebesar 1,6 persen. Namun, pada tahun depan, pertumbuhan ekonomi menurun menjadi 1,4 persen.

Sementara itu, kawasan Eropa diperkirakan tetap dalam resesi pada tahun ini, sebelum mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 1,1 persen pada 2014. OECD mengidentifikasi pengangguran sebagai tantangan yang paling besar yang dihadapi negara-negara yang masuk dalam euro, dan menyerukan upaya lebih banyak untuk mengatasi hal itu.

Untuk pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang umumnya lebih kuat daripada negara maju, namun juga pada tingkat yang berbeda-beda. Secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi global diperkirakan bakal berada di 1,2 persen pada 2013 dan 2,3 persen pada 2014. (Kompas.com PARIS)

 Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global pada tahun ini berada di level 2,2 persen. Namun dalam jangka waktu satu tahun ke depan, pertumbuhan perekonomian dunia akan membaik menjadi 3 persen dan pada 2015 menjadi 3,3 persen.

Dari rata-rata pertumbuhan ekonomi global itu, perekonomian di negara berkembang diperkirakan mencapai 5,1 persen pada 2013, dan terus menguat menjadi 5.6 persen pada 2014. Adapun pada 2015, pertumbuhan mencapai 5,7 persen.

Pertumbuhan tertinggi dicatat oleh negara-negara yang berada di kawasan Asia Pasifik, dengan tingkat pertumbuhan mencapai 7,3 persen pada tahun ini. Sementara itu untuk negara yang berada di kawasan Eropa dan Asia Tengah diperkirakan hanya akan tumbuh 2,8 persen.

Perekonomian beberapa negara berkembang, yaitu Brazil, India, Russia, Afrika Selatan dan Turki, diperkirakan akan pulih seperti sebelum terjadinya krisis, lantaran masalah suplai kebutuhan bisa teratasi. Ekonomi China diperkirakan semakin melambat dalam rangka untuk mengembalikan keseimbangan perekonomiannya.

“Meskipun ada perbaikan di sektor keuangan, perlambatan ekonomi riil justru membahayakan, dan bisa berlarut-larut kondisinya,” ujar Kaushik Basu, Senior Vice President dan Kepala Ekonom Bank Dunia dalam siaran pers, Rabu (12/6/2013).

(Kompas.com WASHINGTON)

 

SUMBER :

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/06/13/09572118/Perekonomian.Global.Bakal.Tumbuh.2.2.Persen

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/05/29/21534750/OECD..Pertumbuhan.Ekonomi.Global.Menguat

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 1, 2013 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: