RSS

AKUNTANSI KOMPERATIF : AMERIKA DAN ASIA

07 Apr

Lima Sistem Akuntansi Keuangan Nasional

  1. AMERIKA SERIKAT

            Akuntansi di amerika serikat diatur oleh badan sector khusus Dewan Standar Akuntansi Keuangan, akan tetapi yang menjadi penyokong kewenangan terhadap standarisasi mereka adalah agensi kepemerintahan Komisi Keamanan dan Kurs ( SEC ).

            Kunci utama yang memungkinkan system Shared Power ini berkerja dengan efektif adalah 1973 SEC Accounting Series Release ( ASR ) no 150. Hingga tahun 2002, Institut Serifikasi Akuntansi Publik America ( AICPA ), sebagai badan khusus lainnya juga mengaudit standarisasi mereka.

  1. Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi

            System yang dianut AS tidak memiliki persyaratan legal untuk publikasi mengenail lapporan audi periodic keuangan. Perusahaan ASdibentuk di bawah hokum Negara bukan hokum federal.

            Banyak dari peraturan tersebut tidak kaku memaksa serta laporan yang diberikan kepada agensi local sering kali tidak bisa diketahui umum.dengan demikian audit tahunan serta persyaratan laporan keuangan secara realities hanya ada pada tingkat federal saja seperti yang dispesifikasikan oleh SEC. oleh karna itu SECmemiliki yuridiksi terhadap oerusahaan yang terdaftar dipertukaran stok AS serta perusahaan yang berdagang over the counter.

            SEC memiliki kewenangan penuh untuk menjelaskan standar akuntansi dan laporan keuangan kepada perusahaan publik akan tetapi bergantung pada sector swasta dalam penerapan standarisasi.

            FSAB dibentuk tahun 1973 dan telah mengeluarkan Lap Standar Akuntansi Keuangan 158 ( SFASs ). Tujuan SFASs adalah untuk menyediakan informasi yang berguna untuk para investor baik yang telah maupunyang berpotensi jadi infestor.

            Konsep akuntansi yang umum berlaku ( GAAP ) terdiri atas seluruh standar akuntansi keuangan, peraturam, regulasiyang harus dipatuhi dalam mempersiapkan laporan keuangan. SFASs merupakan komponen utama dari GAAP.

            PCAOB adalah sebuah organisasi non profit yang diawasi langsung oleh  SEC. PCAOB memiliki tanggung jawab sebagai berikut :

  1. Menetapkan audit, pengendlian kualitas, etika, kemandirian dan standarisasi lainnya.
  2. Mengawasi subjek audit
  3. Memerikasa akuntandi firma publik
  4. Mendukung akuntansi firma publik

            POACB secara efektif berasumsi bahwa tanggung jawab itu muncul dari AICPA. Laporan auditor terdiri atas dua laporan yaitu, laporan keuangan dan pengendalian internal. Laporan keuangan diperkirakan “ penampilan secara jujur”  mengenai posisi keuangan perusahaan serta hasil operasional yang “ sesuai dengan prinsip akuntansi laporan keuangan secara jujur”.

  1. Laporan Keuangan

Tipe laporan keuangan tahunan pada perusahaan besar AS :

  1. Laporan manajemen
  2. Laporan auditor indipenden
  3. Laporan keuangan primer
  4. Diskusi manajemen
  5. Penjelasan mengenai kebijakan akuntansi dan dampaknya
  6. Catatan atsa laporan keuangan
  7. Perbandingan data keuangan
  8. Data triwulan
  9. Patokan Akuntansi

            Patokan AS berasumsi bahwa kesatuan bisnis akan terus berlangsunh jika terus diperhatikan. Goodwill dikapitalisasi sebagai selisih antara harga pasar yang dipertimbangkan dalam penukaran harga pasar dibawah asset bersi yang diperoleh. Penyesuaian niali mata uang diperbolehkan setelah adanya penggabungan bisnis. LIFO FIFO dan metode biaya rata-rata diperbolehkan dan telah digunakan secara luas untuk persediaan.

 

  1. MEKSIKO

            Banyaknya perusahaan meksiko yang dikontrol perseorangan, perusahaan meksiko biasanya menjaga informasi dan merahasiakan laporan keuangan mereka. Hal ini telah berubah. Pengaruh AS terhadap perekonomian meksiko meluas hingga akuntansi. NAFTA memberika tren terbaru mengenai kerja sama yang lebih akurat antara organisasi meksiko, kanada dan AS. Meksiko juga bekomitmen untuk berkerjasama dengan IFRS. Sekarang meksiko menurut pada IASB sebagai panduan dalam menyelesaikan permasalahan akuntansi yang muncuk.

  1. Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi

            Standar akuntansi dikeluarkan oleh CINIF. CINIF adalah tekanan terencana dalam sector publik setelah Financial Accounting Standards Board dari AS dan Internasional Accounting Standards Board. Secara spesifik makan bertujuan untuk menyatukan GAAP meksiko dengan IFRS.

            Prinsip akuntansi meksiko tidak membedakan antara perusahaan besar dan kecil, serta dapat diaplikasikan disemua bidang. Persyaratan yang dibutuhkan untuk mempersiapkan laporan nkeuangan adan audit berbeda-beda, begantung pada tipre ukuran perusahaan.

 

  1. Laporan Keuangan

            Tahun fiscal perusahaan di meksiko harus bersamaan dengan kalender tahunan. Perbandingan laporan keuangan gabungan harus disiapkan antara lain :

  1. Neraca
  2. Laporan laba rugi
  3. Laporan perubahan ekuitas pemegang saham
  4. Laporan perubahan posisi keuangan
  5. Catatan
  6. Patokan Akuntansi

            Laporan keuangan gabungan disiapkan saat induk perusahaan mengontrol perusahaan lainnya. Goodwill merupakan kelebihan harga pembelian terhadap nilai sekarang asset bersih. Asset berwujud akan didepresiasi berdasarkan masa menfaat. Asset berwujud tidak diamortisasi dll.

 

  1. JEPANG

            Pembukuan dan laporan keuangan jepang menggambarkan adanya percampuran dari pengaruh domestic dan internasional. Perusahaan jepang memiliki ketertarikan ekuitas tersendiri, dan sering kali bergabung dengan fiema milik pribadi yang lain. Keterhubungan daerah investasi industry konglomerat raksaksa disebut kieretsu.

            Bentuk bisnis keiretsu telah ditransformasi saat jepang mengambil alih perbaikan structural untuk menggerakan stagnasi ekonomi yang dimulai pada tahun 1990-an.

            Akuntansi : Big Bang “ mulai ditunjukan diakhir 1990-an untuk menciptakan perekonomian jepang yang sehat sehingga perusahaan menjadi lebih transparan dan membawa jepang kea rah standarisasi social.

  1. Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi

            Pemerintahan nasional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap akuntansi jepang. Regulasi akuntansi berdasarkan pada 3 hukum, undang-undang perusahaan, undang-undang pertukaran dan sekuritas dan undang-undang pajak penghasilan perusahaan.

            Kepemilikan perusahaan publik harus memenuhi persyaratan lanjutan dari undang-undang pertukaran dan sekuritas ( SEL ) yang diatur oleh FSA. SEL terbentuk setelah securities Acts AS dan menitikberatkan pada jepang melalui AS.

  1. Laporan Keuangan

            Perusahaan yang bergabung dibawah undang-undang perusahaan dibutuhkan untuk mempersiapkan laporan yang berwenang untuk disetujui pada saat rapat para pemegang saham, yang isinya :

  1. Neraca
  2. Laporan laba rugi
  3. Laporan atas peubahan ekuitas pemegang saham
  4. Laporan bisnis
  5. Jadwal terkait
  6. Patokan Akuntansi

            Goodwill dihitung dengan dasar harga pasar asset bersih yang didapatkan dan diamortisasi. Persediaan yang ada harus dihitung apakah cocok dengan biaya atau lebih rendah atau nilai keuntungan bersih. FIFO, LIFO serta metode biaya rata-rata semuanya menerima metode cost flow, dengan rata-rata yang paling popular.

            Biaya penelitian dan pengembangan juga dibebeankan saat terjadi.pajaktangguhan dipersiapkan untuk perubahan sepanjang waktu dengan menggunakan metode kewajiban. Perubahan praktik akuntansi antara lain :

  1. Kebutuhan untuk laporan arus kas
  2. Penambahan jumlah anak perusahaan yang bergabung
  3. Penambahan jumlah perusahaan afiliasi menggunakan metode ekuitas
  4. Menilai pesediaan dengan biaya yang lebih rendah
  5. Akrual penuh bagi kewajiban pension dan pemberhentian kerja lainnya

 

  1. CINA

            Akuntansi cina memiliki sejarah yang panjang. Karektiristik dasar akuntansi cina dimulai sejak pembentukan RRC pada tahun 1949. Cina menerapkan ekonomi yang sangat terpusat, memperlihatkan prinsip dan pola Marxis meniru system kesatuan soviet. Pelaporan keuangan terjadwal dan lengkap, pelaporan keuangan ditekankan adanya neraca yang merefleksikan sumber daya dan penggunaan dana. Sistim ini berfokus pada pemeliharaan dan akuntabilasi atau pemenuhan produksi dan tujuan lainnya.

            Ekonomi cina digambarkan sebagai ekonomi hybrid, dimana nwgara mengontrol komoditas dan industry strategis, sementara industry lainnya seperti perdagangan dan sector swasta ditumbuhkan dengan system yang berorintasi pada pasar.

  1. Regulasi dan Pelaksanaan

            Aktivitas ini meliputi perumusan strategi ekonomi jangka panjang dan menentukan perioritas  alokasi dana pemerintah, departemen bertanggung jawab atas :

  1. Merumuskan dan melaksanakan kegiatan ekonomi, pajak dan kebijakan lainnya
  2. Mempersiapkan anggaran belanja tahunan dan laporan fiscal
  3. Mengatur pendapatan dan pengeluaran Negara
  4. Mengembangkan manajemen keuangan dan system pajak

            Pada tahun 1992, departemen keuangan mengeluarkan ASBE. Setelah lahirnya ASBE dapartemen keuangan mengganti lebih dari 40 ragam system akuntansi  dengan 13 industri dan system kepemilikan yang berdasarkan system akuntansi. Tahun 1998 dibentuk CASC sebagai lembaga berwenang di dalam departemen keuangan yang bertanggung jawab untuk mengembangkan standar akuntansi. Setelah terbentuk CASC mulai mengeluarkan standar dari topic tentang laporan arus kas, penataan kembali utang, pendapatan, transaksi, kejadian bersyarat dan sewa.standar tersebut dimaksudkan untuk memusatkan standar akuntansi cina dengan IFRS.

 

  1. Pelaporan Keuangan

            Periode pembukaan diminta sesuai dengan kalender tahunan, laporan keuangan terdiri atas :

  1. Neraca
  2. Laporan laba rugi
  3. Laporan arus kas
  4. Laporan perubahan ekuitas
  5. Catatan

 

  1. Patokan Akuntansi

            Goodwill adalah perbedaan antara biaya dan harga pasar asset dan kewajiban yang diakuisisi. ,etode ekuitas digunakan bagi investasi dalam rekaan. Jika berada di lingkungan induk perusahaan poin-poin moneter diterjemahkan pada nilai tukar tahunan. Harga perolehan adalah basis untuk penilaian asset berwujud. Metode akselerasi dan depresiasi unit produksi juga bisa diterima.

 

  1. INDIA

            Perekonomian eropa mulai bersaing dengan india setelah portugis tiba tahu 1498. Dari tahun 1947-1970 ekonomi india digolongkan dengan bergaya program sosialisasi pemerintahan terpusat dan industry pengganti barang impor. Pertumbuhan ekonomi dibatasi oleh infrastrukstur yang tidak memadai, hambatan birograsi dan birokrasi berlebihan, kekakuan buruh pasar dan korupsi.

 

  1. Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi

            Akta perusahaan 1956 diatur dan diperbaharui oleh agen pemerintah, departemen urusan [erusahaan. Akte tersebut ,menyediakan cara kerja yang luas yang disebut kitab akuntansi dan persyaratannya untuk sebuah audit. Menurut akta kitab akuntansi :

  1. Harus memberikan sudut pandang yang adil dan sebenarnya
  2. Harus tetap pada basis akrual sesuai dengan system akuntansi pencatatan ganda

 

  1. Pelaporan Keuangan

            Laporan keuangan terdiri dari neraca 2 tahun, laporan laba rugi, laporan arus kas dan kebijakan akuntansi dan catatan.perusahaan yang tidak terdaftar hanya perlu menyiapkan inti laporan saja, tapi perusahaan terdaftar harus menyiapkan laporan gabungan dan inti,

 

  1. Pengukuran akuntansi

            Goodwill berbeda diantara perhitunganyang ada dan hasil jumlah asset dan hutang yang diperoleh. Asset tetap dinilai baik dalam harga perolehan atau harga wajar. Asset tidak berwujud biasanya diamortisasi lebih dari 10 tahun. Sewapembiayaan dikapitalisasi dalam nilai lancer pasar dan didepresiasi terhadap masa penggunaan sewa. Sewa operasional dicatat sebagai biaya dengan metode garis lurus.

 

Choi, Frederick D.S., and Gerhard D. Mueller, 2005., Akuntansi Internasional – Buku 1, Edisi 5., Salemba Empat, Jakarta

 
Komentar Dinonaktifkan pada AKUNTANSI KOMPERATIF : AMERIKA DAN ASIA

Ditulis oleh pada April 7, 2013 in Akuntansi Internasional

 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: