RSS

PENDAHULUAN

03 Apr

BAB 1

A.    Pendahuluan

Akuntansi memainkan peranan yang sangat penting dalam masyarakat . Sebagai cabang ilmu ekonomi , akuntansi menyediakan informasi mengenai perusahaan dan transaksinya untuk memfasilitasi keputusan alokasi sumber daya oleh para pengguna informasi tersebut . Akuntansi mencakup beberapa proses yag luas ; pengukuran , pengungkapan , dan pemeriksaan . Pengukuran adalah proses mengidentifikasikan , mengelompokkan , dan menghitung aktivitas ekonomi atau transaksi . Pengukuran itu memberikan masukan mendalam mengenai probalitas operasi suatu perusahaan . Auditing adalah proses dimana kalangan professional akuntansi khusus melakukan atestasi (pengujian ) terhadap keandalan proses pengukuran dan komunikasi . Laporan keuangan perusahaan disusun menurut standart akuntansi yang berlaku . Pemahan mengenai dimensi internasional dari proses akuntansi merupakan sesuatu yang penting bagi mereka yang ingin mengelola suatu usaha atau memperoleh  atau memasok pembiayaan melintasi batas-batas negara .

Jumlah akuntansi dapat berbeda secara signifikan sesuai dengan prinsip-prinsip yang mengaturnya . Akuntansi internasional menjadi makin berkembang dalam beberapa tahun ini .

B.     Sudut Pandang Sejarah

Sejarah akuntansi merupakan sejarah internasional . Sebagai permulaan, system pembukuuan berpasangan yang umumnya dianggap sebagai awal penciptaan akuntansi seperti yang kita ketahui , berawal dari negara-negara kota italia pada abad ke -14 dan abad ke -15 . Perkembangannya didorong oleh pertumbungan perdagangan internasional di italia utara selama masa akhir abad pertengahan dan keinginan pemerintah untuk menemukan cara dalam mengenakan pajak terhadap transaksi komersial . Singkat kata , gagasan mengenai akuntansi pembukuan berpasangan mencapai kepulauan inggris . Perkembangan yang sama kurang lebih terjadi juga di berbagai tempat lainnya . Seiring dengan kekuatan ekonomi amerika serikat tumbuh selama paruh pertam abad ke -20 ,kerumitan masalah-masalah akuntansi muncul juga secara bersamaan . Setelah perang dunia ke 2 , pengaruh akuntansi makin terasa dengan sendirinya pada dunia Barat , khususnya di jerman dan jepang . Akuntansi merupakan masalh nasional , dengan standart dan praktik nasional yang melekat secara erat dengan hokum nasional dan aturan professional . Dalam tahun-tahun terakhir , usaha-usaha institusi untuk mempersempit perbedaan dalam pengukuran , pengungkapan dan proses auditing diseluruh dunia makin intensif dilakukan .

C.    Sudut Pandang Kontemporer

Pengendalian nasional terhadap arus modal , valuta asing , investasi asing langsung , dan transaksi terkait telah diliberalisasikan secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir ,sehingga mengurangi hambatan-hambatan terhadap bisni internasional .Kemajuan teknologi informasi juga menyebabkan perubahan radikal dalam ekonomi produksi dan distribusi . Produksi yang terintegrasi secara vertical tidak lagi menjadi bukti model yang efisien . Hubungan informasi secara global dan seketika member makna bahwa produksi termasuk jasa akuntansi , makin dialih kontrakkan kepada siapa saja dengan ukuran apapun , dimana saja dunia yang memiliki kemampuan terbaik dalam melakukan suatu pekerjaan atau suatu bagian dari pekerjaan tersebut .

D.    Pertumbuhan dan Penyebaran Operasi Multinasional

Bisnis internasional secara tradisional terkait dengan perdagangan luar negri . Ketika dimasa lalu perdagangan jasa biasanya kalah penting jika dibandingkan dengan perdagangan barang . Saat ini perdagangan jasa mendapatkan keuntungan yanglebih signifikan dan berkembang dengan tingkat yang lebih cepat daripada perdagangan barang . Saat ini bisnis internasional melebihi perdagangan luar negri dan meningkatkan asosiasi dengan investasi asing langsung , yang meliputi pendirian system manufaktur atau distribusi di luar negri dengan membentuk afiliasi yang dimiiki seutuhnya usaha patungan , atau aliansi strategis . Pada tingkat perusahaan , aktivitas investasi  langsung terlihat dengan adanya pengungkapan segmen perusahaan dan daftar kepemilikan saham pada perusahaan afiliasi .

Operasi yang dilaksanakan diluar negri membuat manajer keuangan dan akuntan menghadapi risiko berupa semua jenis masalah yang tidak mereka hadapi ketika operasi perusahaan dilaksanakan di dalam wilayah satu negara .Perlakuan akuntansi untuk keuntungan dan kerugian tidaklah seragam diseluruh dunia . Para pembaca domestic bukanlah satu-satunya pihak yang menajdi sasaran uatam dalam entitas pelaporan . . Pertimbangan atas akses pasar dan biaya pendanaan pada gilirannya berkaitan dengan sifat dasar dan kualitas dari komunikasi keuangan eksternal firma yang bersangkutan . Sebagai tamabahan untuk pelaporan eksternal , pengguna internal juga harus memahami pengaruh kompleksitas lingkungan pengukuran akuntansi suatu perusahaan  multinasional . Hal yang membuat lebih rumit lagi adalah kurs nilai tukar dan tingkat inflasi tidak bergerak bersamaan . Begitu luasnya pengaruh perubahan kurs nilai tukar valuta asing dan  inflasi luar negri terhadap pengukuran akuntansi menyebabkan system pengendalian keuangan domestic tidak mampu memenuhi kebutuhan para manajer dengan baik tanpa dilakukannya penyesuaian lingkungan yang memadai . . Usaha-usaha yang beroperasi di lebih dari satu negara perlu mengamati dan mengelola risiko pajak yang dihadapi dengan seksama . Sangatlah mungkin langkah-langkah yang diambil untuk menurunkan besarnya pajak disuatu tempat akan meningkatkan besarnya pajak ditempat lain , dan peningkatannya terhadap penganggaran dan prosedur kendali perusahaan harus dipertimbangkan dengan seksama . Umumnya diperlukan penggunaan model computer yang rumit untuk menghitung perkiraan pengaruh strategi suatu pajak perusahaan secara menyeluruh .

E.     Inovasi Keuangan

Manajemen resiko telah menjadi istilah yang popular dalam lingkungan perusahaan dan manajemen . Hal ini memacu tujuan aktivitas perusahaan dalam mengidentifikasikan risiko yang mereka hadapi berasar dari ketentuan tersebut , memutuskan risiko mana yang perlu dilindungi dan mengevaluasi hasil strategi manajemen resiko yang dijalankan . Pada saat yang bersamaan , kemajuan dalam teknologi keuangan memungkinkan pergeseran risiko keuangan kepada pundak orang lain . Meski demikian , beban untuk mengukur risiko antara pihak tidak dapat dialihkan dan sekarang berada pada pundak sekelompok besar pelaku pasar keuangan yang banyak diantaranya berada ribuan mil jauhnya .

F.     Kompetisi Global

Faktor lain yang turut menyumbangkan makin pentingnya akuntansi internasional adalah fenomena kompetisi global .  Hal yang baru adalah standart perbandingan yang kini melampaui batas-batas nasional  . Dalam penentuan acuan terhadap pesaing internasional , seseorang harus berhati-hati untuk memeastikan bahwa perbandingan yang dilakukan memang benar-benar dapat dibandingkan .

G.    Merger dan Akuisisi Lintas Batas Negara

Apabila merger umumnya diringkas dengan istilah sinergi operasi atau skala ekonomi , akuntansi memainkan peranan yang penting dalam mega konsolidasi ini karena angka-angka yang dihasilkan akuntasni bersifat mendasar dalam proses penilaian perusahaan . Penilaian perusahaan sering kali didasarkan pada factor-faktor  berbasis harga seprti rasio harga atas laba . Perhatian utama perusahaan yang melakukan akuisisi ketika sedang memberikan tawaran atas target akuisisi asing adalah sejauh apa factor  laba dalam ukuran P/E ini merupakan refleksi sesungguhnya dari variable yang sedang diukur bila dibandingkan dengan hasil dari perbedaan pengukuran akuntansi .

H.    Internasionalisasi Pasar Modal

Data statistic memperlihatkan bahwa dalam arus modal lintas batas negara telah melonjak naik menajdi lebih dari dua puluh kali lipat sejak tahun 1990 . Sementara itu ,nilai penawaran sekuritas internasional telah melonjak lebih dari empat kali lipat dalam periode yang sama . Selama lebih dari sepuluh tahun , kapitalisasi pasar modal dunia telah bertambah  lebih dari dua kali lipat hingga mendekati angka sekitar 40 triliun dolar . Tiga wilayah dengan pasar modal terbesar adalah wilayah benua Amerika , Asia Pasifik ,dan Eropa ,termasuk juga didalamnya Afrika dan Timur Tengah . Sejak peristiwa tragis 9/11 , pasar modal diseluruh tiga wilayah tersebut telah berkembang decara signifikan .

I.       Pencatatan dan Penerbitan Saham Lintas Batas Negara

Regulator nasional dan bursa efek sangan berkompetisi dalam pencatatan saham asing dan volume perdagangan yang merupakan hal penting bagi bursa efek yang berkeinginan untuk menjadi atau mempertahankan posisi sebagai pemimpin global . Oleh karena pasar modal menjadi makin khusus , setiap pasar menawarkan manfaat unik untuk para penerbit asing . Derap perubahan yang terjadi dipasar-pasar modal seluruh dunia hingga saat ini tidak menunjukkan tanda-tanda akan melambat .

J.      Dimanakah Kita Berada

Perkembangan yang cepat dalam pasar modal global dan aktivitas investasi lintas batas negar member arti bahwa dimensi internasional dari akuntansi menajdi makin penting dari masa sebelumnya bagi kalangan professional yang harus berhubungan dengan satu cara atau cara lain dengan ruang lingkup ini . Disisi lain , factor utama yang memberikan motivasi bagi perusahaan untuk meningkatkan modal dari luar negri adalah untuk meningkatkan akses terhadap dana dan menurunkan biaya modal mereka .Tantangannya disini adalah mencoba meyakinkan  bahwa pembaca asing menerima pesan yang bermakna sama dengan yang diterima pembaca domestic . Tantangan ini sangat penting didunia dimanna perusahaan berkompetisi untuk mendapatkan dana .

Choi, Frederick D.S., and Gerhard D. Mueller, 2005., Akuntansi Internasional – Buku 1, Edisi 5., Salemba Empat, Jakarta

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 3, 2013 in Akuntansi Internasional

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: