RSS

Fungsi koperasi

01 Jan

Badan Usaha

¢  Koperasi adalah badan usaha atau perusahaan yang tetap tunduk pada kaidah & aturan prinsip ekonomi yang berlaku (UU No. 25, 1992)

¢  Mampu untuk menghasilkan keuntungan dan mengembangkan organisasi & usahanya

¢  Ciri utama koperasi adalah pada sifat keanggotaan; sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa

¢  Pengelolaan koperasi sebagai badan usaha dan unit ekonomi rakyat memerlukan sistem manajemen usaha (keuangan, tehnik, organisasi & informasi) dan sistem keanggotaan (membership system)

 

Tujuan & Nilai

Perusahaan Bisnis

¢  Theory of the firm; perusahaan perlu  menetapkan tujuan

l  Mendefinisikan organisasi

l  Mengkoordinasi keputusan

l  Menyediakan norma

l  Sasaran yang lebih nyata

¢  Tujuan perusahaan :

Maximize profit, maximize the value of the firm, minimize cost

Koperasi

¢  Berorientasi pada profit oriented & benefit oriented

¢  Landasan operasional didasarkan pada pelayanan (service at a cost)

¢  Memajukan kesejahteraan anggota merupakan prioritas utama (UU No. 25, 1992)

¢  Kesulitan utama pada pengukuran nilai benefit dan nilai perusahaan

 

 

Kontribusi Teori Bisnis pada Success Koperasi

¢  Maximization of sales (William Banmoldb); usaha untuk memaksimumkan penjualan setelah keuntungan yang diperoleh telah memuaskan para pemegang saham (stake holders)

¢  Maximization of management utility (Oliver Williamson); penerapan pemisahan pemilik dan manajemen (separation of management from ownership) dan maksimalisasi penggunaan manajemen

¢  Satisfying Behaviour (Herbert Simon); diperlukan adanya perjuangan dan usaha keras dari pihak manajemen untuk memuaskan beberapa tujuan yang telah ditentukan, seperti sales, growth, market share, dll.

 

Kontribusi Teori Laba pada Success Koperasi

¢  Konsep laba dalam koperasi adalah SHU; semakin tinggi partisipasi anggota, maka semakin tinggi manfaat yang diterima.

¢  Innovation theory of profit; perolehan laba yang maksimal karena adanya keberhasilan organisasi dalam melakukan inovasi terhadap produknya.

¢  Managerial Efficiency Theory of profit; organisasi  yang dikelola dengan efisien akan meraih laba di atas rata-rata laba normal.

 

Kegiatan Usaha

¢  Key success factors kegiatan usaha koperasi :

l  Status dan motif anggota koperasi

l  Bidang usaha (bisnis)

l  Permodalan Koperasi

l  Manajemen Koperasi

l  Organisasi Koperasi

l  Sistem Pembagian Keuntungan (Sisa Hasil Usaha)

Status & Motif Anggota

¢  Anggota sebagai pemilik (owners) dan sekaligus pengguna (users/customers)

¢  Owners : menanamkan modal investasi

¢  Customers : memanfaatkan pelayanan usaha koperasi dengan maksimal

¢  Kriteria minimal anggota koperasi

l  Tidak berada di bawah garis kemiskinan & memiliki potensi ekonomi

l  Memiliki pola income reguler yang pasti

Permodalan Koperasi

¢  UU 25/992 pasal. 41; Modal koperasi terdiri atas modal sendiri dan modal pinjaman (luar).

¢  Modal Sendiri ; simpanan pokok anggota, simpanan wajib, dana cadangan, donasi atau dana hibah.

¢  Modal Pinjaman; bersumber dari anggota, koperasi lain dan atau anggotanya, bank dan lembaga keuangan lainnya, penerbitan obligasi dan surat hutang lainnya dan sumber lainnya yang sah.

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 1, 2011 in Ekonomi Koperasi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: